TIPS IBADAH UMROH DAN HAJI

Tips Ibadah Umroh dan Haji

Image

Umroh dan Haji Plus itu ibadah
Anda mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk beribadah umrah maupun haji. Melihat rumah Allah dari dekat, melihat pusat dimana ibadah anda tertuju. Kalau hanya ibadah-ibadah biasa, anda tak perlu mengeluarkan uang. Cukup datang ke masjid terdekat, Anda sudah dikatakan ibadah.
Maksud kami, nanti Anda juga bisa membuktikannya disana ketika melihat beberapa orang yang datang untuk niat umrah, tapi ternyata di sana bagai berwisata kerumah Allah. Foto-foto di depan ka’bah, sampai tak jarang ada yang menghalangi, atau berjalan di depan orang yang sedang sholat. Berfoto-foto tidak merupakan suatu larangan apabila hanya untuk kenang-kenangan, asalkan tidak menganggu orang lain yang sedang beribadah.
Jika sedari awal niat ibadah Umrah, maka niatkan dalam hati dengan sungguh-sungguh. Anda sudah mengeluarkan uang puluhan juta, hanya untuk ibadah. Maka jangan sampai uang yang puluhan juta itu menguap sia-sia.
PERSIAPAN UMROH
1. Sabar
Perjalanan berhaji atau umrah selalu diwarnai godaan sehingga berpotensi menimbulkan ketidaksempurnaan, baik menyangkut perilaku sesama jamaah, penyelenggara maupun orang lain. Ketidaksempurnaan itu akan terjadi sejak persiapan (dari tempat anda tinggal), di airport, di pesawat, pelaksanaan ibadah hingga kembali pulang. Maka banyak bersabarlah.
2. Kenali Fardu
Banyak yang perlu dihapalkan untuk menunaikan ibadah haji dan umrah. Namun jangan memaksakan diri. Yang penting, kenali hal-hal yang diwajibkan. Selebihnya  Anda dapat mengikuti pembimbing.
3. Cari Informasi Cuaca
Mekah dan Madinah akan sangat dingin pada bulan-bulan sekitar November-Desember-Januari dan sangat panas sekitar bulan Juni-Juli-Agustus. Tanyakan suhu udara Saudi sebelum berangkat, sesuaikan pakaian Anda sesuai dengan suhu disana. Bawa jaket bila musim dingin.
4. Siapkan Obat-obatan Sendiri
Jangan bergantung pada orang lain. Bawa obat yang paling Anda perlukan. Vitamin C dosis tinggi akan bermanfaat. Demikian juga masker penutup hidung yang dapat diperoleh di apotik-apotik.
5. Siapkan “pelawan cuaca”
Bawa kipas dan semprotan air (hand sprayer). Siapkan kacamata hitam untuk melindungi mata dari terik matahari. Gunakan kosmetik pelembab kulit, juga pelembab bibir, agar tidak pecah dan perih. Terus gunakan kaus kaki kecuali saat berpakaian ihram. Bawa pula tempat minum praktis. Perlu sering minum walaupun tidak merasa haus untuk menghindari dehidrasi.
6. Bawa Sedikit Pakaian
Kelembaban udara di Saudi sangat rendah kecuali saat berjejalan thawaf, tubuh praktis tak berkeringat. Udara juga tak banyak berdebu maka pakaian relatif awet. Jika dicuci juga cepat kering. Satu kopor kecil pakaian telah memadai.
7. Makan yang cukup
Tubuh lelah dan udara kering sering membuat nafsu makan hilang. Banyak jamaah yang merasakan seperti, jika itu terjadi pada Anda, paksakan diri untuk makan secara cukup, apapun rasanya. Gunakan buah segar seperti semangka atau jeruk sebagai “lalap”.
8. Hindari Berdebat
Godaan untuk berdebat sering muncul. Terutama menyangkut soal “mana yang lebih utama’ atau “afdhal”. Diskusilah seperlunya atau tanya pembimbing. Selebihnya laksanakan dengan khusyuk.
9. Pelajari Jejak Nabi Ibrahim عليه السلام dan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم
Haji dan umrah juga merupakan ibadah ziarah menelusuri jejak Rasulullah صلى الله عليه وسلمdan Nabi Ibrahim عليه السلام. Pelajari kisah mereka seputar masalah haji. Resapi makna setiap langkah beliau. Kenali tempat-tempat dulu beliau berada.
10. Belanja Seperlunya
Belanja di Saudi tentu boleh saja. Tapi ingat tujuan utama perjalanan Anda adalah ibadah dan bukan yang lain. Selain harga-harga tidak murah bila diukur dengan kurs rupiah, juga merepotkan perjalanan.
11. Bawa Buku Agama
Manfaatkan waktu luang Anda untuk mempelajari satu buku khusus. Bisa saja itu terjemahan Al-Quran, satu buku hadis, atau kumpulan doa. Bawalah satu buku itu bersama “bukupintar” soal berhaji/berumrah.
12. Rileks
Cukuplah beristirahat. Jangan tegang. Kadang penyelenggara lalai melaksanakan kewajibannya. Untuk menutupinya, mereka menyeru agar “jamaah haji/umrah selalu bersabar”. Jika itu terjadi, jangan segan mengingatkan mereka memenuhi kewajibannya. Namun lakukan itu dengan kepala dingin.
13. Kami semua di “ALFATIH” mendo’akan
Semoga jamaah dapat menunaikan ibadah umroh dan haji nantinya dengan lancar, dan setelah pulangnya menjadi manusia yg ber-akhlak mulia, juga membawa oleh-oleh… Amiin..
Info lebih lanjut hubungi Biro Travel Umroh Alfatih :
Perum Permata Batursari Blok L 7 No 37
Mranggen Demak Jawa Tengah Indonesia
Telp : (024) 76580755,
HP : 08123592407, 081901086616
Pin BB : 26956EF8

Tentang umrohsemarangmurah

Biro travel umroh dan haji plus Alfatih merupakan biro travel umroh termurah 2013 yang melayani masyarakat muslim Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah umrah dan haji.
Pos ini dipublikasikan di Tips Umroh dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s